--> Skip to main content

Buku Paket PPKn Kelas 7, 8 dan 9 K13 Revisi Terbaru

Buku adalah alat yang paling penting dalam belajar. Selain buku siswa, ada banyak media yang  dapat digunakan guru untuk pembelajaran. Seperti Bahan ajar, lembar kerja, modul, dll. Namun keberadaan buku siswa dan buku pelajaran masih sangat penting, karena  buku siswa dan buku siswa biasanya dibuat sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Selain perubahan dan revisi kurikulum, telah diterbitkan pula Buku Guru versi revisi untuk siswa kelas 9 versi revisi 2018.

Edisi revisi  2018 merupakan versi revisi yang sesuai dengan kurikulum terbaru dan KI dan KD sesuai dengan Mendikbud tahun 2016. 

Sebelum admin menyediakan link download Buku Pedoman Guru Kelas 7, 8 dan 9 edisi revisi  2018 dan Buku Siswa Mata Pelajaran kelas 7, 8 dan 9 edisi revisi  2018. Di bawah ini adalah gambaran singkat tentang Buku Kurikulum 2013 untuk guru dan siswa.

1. Buku Siswa 

Buku siswa yang disediakan oleh Pemerintah antara lain memuat hal - hal berikut: 

  1. Buku siswa berisi uraian tentang isi dan kegiatan pembelajaran. 
  2. Guru dapat lebih mengembangkan baik deskripsi isi maupun kegiatan pembelajaran  dari buku siswa. Guru dan siswa dapat  mengembangkan  atau menambah kegiatan tergantung pada sekolah, guru, status dan kemampuan siswa. Pengembangan dan/atau kegiatan tambahan ditujukan untuk membantu siswa lebih memahami pengetahuan yang telah dipelajarinya, keterampilan yang dilatihnya, dan sikap yang dikembangkannya. 
  3. Buku kegiatan untuk siswa  memaksimalkan  potensi semua sumber belajar  di daerahnya semaksimal mungkin. Setiap kegiatan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
  4. Beberapa buku siswa memiliki ruang untuk siswa untuk menulis laporan, kesimpulan, pemecahan masalah, atau tugas  lainnya. Namun, lebih baik tidak membuat siswa terjebak di ruang yang ditunjukkan saat menulis tugas. Bahkan, siswa dapat  menuliskannya di buku latihan mereka.

Buku siswa berisi sebagai berikut: Judul bab, informasi kompetensi dasar untuk setiap topik  bab. Setiap bab menyediakan peta konsep, rujukan, bagian dari kegiatan atau diskusi eksperimental dan non-eksperimental siswa, soal latihan, ringkasan, penilaian, dan tugas siswa. 

Siswa menggunakan buku siswa untuk memahami  bab atau sub bab pendahuluan, melakukan kegiatan yang tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan, dan menggunakan informasi konseptual buku untuk melihat hasil diskusi.

Kami menyarankan Anda memulai dengan melakukan penjelasan penting lainnya dari bagian perbagian, pendalaman pemahaman konsep, dan diakhiri dengan pertanyaan-pertanyaan untuk menguji pemahaman konsep secara individual.

2. Buku Guru 

Buku Guru merupakan pedoman bagi guru dalam mempelajari, menyusun, melaksanakan, menilai, dan melaksanakan  pedoman penggunaan buku oleh siswa. Buku ini dirancang untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci kepada guru tentang bagaimana melakukan kegiatan pembelajaran. 

Buku guru berisi:

  1. Sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir ilmiah, berpikir lebih maju, keterampilan memecahkan masalah, penelitian, kreativitas, dan pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun kepribadian reflektif.
  2. Lahir berbagai metode evaluasi untuk siswa.
  3. Informasi yang dapat digunakan sebagai acuan tindakan perbaikan dan penguatan.
  4. Kegiatan interaksi antara guru dan orang tua yang memungkinkan orang tua  berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  5. Petunjuk penggunaan buku siswa

Guru menggunakan buku teks sebagai referensi untuk melakukan proses pembelajaran di kelas dan penilaian. Secara rinci, buku guru berfungsi sebagai berikut: 

  • Membantu guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran dan evaluasi.
  • Memberikan ide untuk mengembangkan pemahaman, keterampilan, sikap dan  perilaku dalam berbagai kegiatan pendidikan dan pembelajaran.
  • Memberikan ide-ide contoh pembelajaran yang menarik siswa melalui  metode dan pendekatan yang berbeda untuk belajar dan evaluasi. dan
  • Kembangkan cara-cara di mana siswa dapat termotivasi untuk terus-menerus menerapkan nilai-nilai dalam kehidupan siswa sehari-hari. 
  • Buku guru terdiri dari dua bagian yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan buku siswa.

Untuk download Buku Paket PPKn Kelas 7, 8 dan 9 K13 Revisi Terbaru, silahkan klik link download yang sudah kami sediakan.

Langkah Download File di gurubantu.com cukup mudah, anda hanya perlu klik "link download" maka file akan otomatis tersimpan ke perangkat komputer anda

Download Buku PPKn Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTs

No
Nama Dokumen
Link Download
Ket
Buku PPKn Kelas VII (Tujuh) SMP/MTs
1
Buku PPKn Peg. Siswa Kelas VII
2
Buku PPKn Peg. Guru Kelas VII
Buku PPKn  Kelas VIII (Delapan) SMP/MTs
1
Buku PPKn Peg. Siswa Kelas VIII
2
Buku PPKn Peg. Guru Kelas VIII
Buku PPKn Kelas IX (Sembilan) SMP/MTs
1
Buku PPKn Peg. Siswa Kelas IX
2
Buku PPKn Peg. Guru Kelas IX

Buku PPKn yang Admin bagikan hari  ini semoga bermanfaat untuk Anda. Jika suka silahkan like dan bagikan ke siswa maupun rekan anda yang lain.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar