--> Skip to main content

Tehnik Dasar Bola Voli, Siswa Wajib Tahu

Permainan bola voli adalah olahraga tim yang sangat membutuhkan kerjasama yang baik dari setiap pemainnya. Berdasarkan sejarahnya permainan bola voli ini di ciptakan oleh William G Morgan seorang Instruktur Pendidikan Jasmani (Director of Phsycal Education) YMCA tepatnya pada tanggal 09 Februari tahun 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).

Sebagai olahraga tim atau beregu, selain membutuhkan kerjasama yang baik dari setiap pemainnya, di butuhkan juga kemampuan tehnik dasar yang baik dari masing - masing individunya agar timnya dapat berprestasi dalam pertandingan atau kejuaraan.

Lalu apa saja sih tehnik dasar bola voli yang perlu di kuasai oleh masing - masing pemain?. Berikut adalah tehnik dasar bola voli yang perlu anda ketahui.

Macam - Macam Tehnik Dasar Bola Voli

Tehnik dasar bola yang perlu di kuasai seorang pemain bola voli terbagi atas : 1) Tehnik dasar service; 2) Tehnik dasar passing; 3) Tehnik dasar smash; dan 4) Tehnik dasar block. Berikut ini penjelasan lengkapnya :

1. Tehnik Dasar Service

Service dapat di artikan sebagai lambungan / serangan bola pertama oleh pemain untuk memulai permainan. 

Tehnik dasar service terbagi atas :

a). Service Bawah (Underhand Service)

Service bawah merupakan tehnik dasar service yang paling mudah untuk di lakukan, artinya tingkat kesulitannya paling rendah di bandingkan jenis service yang lainnya.

Cara melakukan service bawah yaitu sebagai berikut :

  1. Sikap awal, berdiri dengan posisi badan agak condong kedepan dengan salah satu kaki di depan dan satunya di belakang.
    Catatan :
    Jika memukul bola dengan tangan kanan maka kaki kiri yang di depan sedangkan kaki kanan di belakang begitupun sebaliknya.
  2. Bola di pegang dengan tangan di depan badan, sedangkan tangan yang satunya di tarik ke belakang badan.
    Catatan :
    Bola di pegang dengan telapak tangan, sedangkan tangan satunya yang akan memukul boleh mengepal maupun terbuka.
  3. Kemudian lambungkan bola keatas dengan disusul dengan ayunan tangan kedepan untuk memukul bola
    Catatan :
    Lambungan bola tidak boleh memutar
  4. Pukul bola dengan tangan / telapak tangan dengan di susul melangkahkan kaki belakang sedikit kedepan
    Catatan :
    Pada saat memukul bola perkenaan bola harus di tengah - tengah tangan / telapak tangan.

b). Service Atas 

Service atas merupakan teknik servis dengan level kesulitan menengah. Service atas memiliki keunggulan yang terletak pada akurasi dan kecepatan bola lebih tinggi sehingga bisa memberikan serangan pertama ke arah permainan lawan.

Bola hasil pukulan service atas bersifat mendatar sehingga membuat musuh akan kesulitan dalam mengantisipasi arah datangnya bola.

Cara melakukan service atas bola voli

Langkah - langkah gerakan service atas bola voli:

  • Sikap awal berdiri tegak dengan salah satu kaki di depan dan satunya dibelakang, salah satu tangan memegang bola di depan badan sedangkan satu tangan lain di tarik kebelakang di belakang kepala.
  • Lambungkan bola keatas setinggi atas kepala dengan di susul mengayunkan tangan belakang kedepan untuk memukul bola
  • Saat bola di udara tepat di atas kepala, pukul bola kedepan atas dengan telapak tangan. Adapun posisi telapak tangan terbuka tidak menggengam.
  • Sikap akhir saat tangan melakukan gerakan untuk memukul bola di barengi dengan sedikit melangkahkan kaki belakang kedepan.

c). Jumpung Service

Jumping service merupakan tehnik service yang di lakukan sambil melompat, sehingga jumping service ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi di bandingkan tehnik service yang lainnya.

Secara garis besar, teknik ini mengombinasikan gerakan servis atas dan teknik spike sehingga terciptakan pukulan keras layaknya smash yang bisa mengeksekusi lini pertahanan musuh.

Cara melakukan jumping service :

  • Berdiri di area servis Kurang Lebih 3 Meter dari garis area lapangan untuk mendapat awalan lompatan yang cukup
  • Pegang bola lalu lemparkan kedepan atas dengan ketinggian kurang lebih 3 Meter
  • Lakukan gerakan Lari menjangkau bola (Run up) yang di susul dengan lompatan (Take Off)
  • Kemudian pada saat bola sudah dalam titik tertinggi dan dalam jarak jangkaun lakukan pukalan terhadap bola (Hitt) dengan di bantu dengan lecutan pergelangan tangan
  • Pada tahap Akhir lakukan pendaratan dengan dua kaki secara bersamaan (Landing)

2. Tehnik Dasar Passing (Mengumpan)

Passing merupakan tehnik mengumpan bola keteman satu tim di mana laju bola berbentuk parabola (melengkung). Secara garis besar tehnik dasar passing di bagi menjadi 2 macam yaitu passing atas dan passing bawah. 

Berikut ini penjelasan singkat dari kedua tehnik passing tersebut :

a). Passing bawah

Passing bawah adalah gerakan mengambil bola dari bawah badan dengan dua tangan atau lengan yang di rekatkan yang tujuannya untuk mengoperkan bola ke tosser atau rekan tim. Cara melakukan passing bawah yang benar adalah sebagai berikut :

  1. SIKAP AWAL
    Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki di bagian depan. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan pandangan ke arah datangnya bola.
  2. SIKAP PELAKSANAAN
    Dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, perkenaan bola tepat pada pergelangang tangan.
  3. SIKAP AKHIR
    Tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong

b). Passing atas

Passing atas atau biasa di sebut Set Up adalah cara mengoper dan menerima bola yang di lakukan dengan menggunakan kedua tangan dari atas kepala, di mana sentuhan bola dan tangan di lakukan dengan ujung jari - jari tangan.

Cara melakukan tehnik dasar passing atas bola voli yang baik dan benar seperti yang di uraikan oleh Edi Suparman dalam bukunya (Edi Suparman 1994 : 91) :

  1. Tempatkan badan di bawah bola
  2. Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk, sehingga posisi tubuh berada dalam keadaan setengah jongkok.
  3. Siku dibengkokkan, jari-jari tengah direnggangkan dan letak di depan atas dahi.
  4. Sikap tangan seperti mangkok dengan pandangan ke arah datangnya bola.
  5. Pada waktu bola datang, bola didorong dengan jari-jari tangan, perkenaan tangan pada bola yaitu ruas pertama dan kedua jari telunjuk sampai kelingking, sedangkan ibu jari hanya pada ruas pertama.
  6. Untuk membantu gerakan jari-jari tangan, pergelangan tangan digerakkan kearah depan atas.
  7. Setelah bola lepas dari tangan, diikuti dengan gerakan anggota badan dan langkah kaki ke depan untuk menjaga keseimbangan

3. Tehnik Dasar Smash

Smash atau spike adalah Tehnik gerakan memukul bola di atas net sambil melompat dimana arah gerakan bola keras dan menukik tajam. Tehnik yang satu ini biasa di gunakan untuk mematikan lawan dan meraih point. Ada 4 tahapan dalam melakukan smash yaitu run up, take off, hitt dan landing.

Cara melakukan smash :

  1. Langkah awal berdiri sambil bersiap melakukan smash ± 3 meter dari pengumpan, dengan pandangan mata tertuju ke bola
  2. Ketika bola lepas dari pengumpan / tosser lakukan gerakan lari menjangkau bola (Run Up) yang di susul dengan melakukan tolakan atau lompatan (Take Off).
  3. Setelah bola dalam gerak jangkaun lakukan gerakan memukul bola (Hitt) dengan menggunakan talapak tangan yang di sertai dengan lecutan pergelangan tangan.
  4. Tahap terakhir lakukan pendaratan (Landing) dengan kedua kaki secara bersamaan dengan menggunakan ujung telapak kaki bagian depan.

Adapun macam - macam smash itu sendiri di antaranya yaitu :

  1. Open Smash (Smash dengan bola - bola tinggi di mana ketinggian bola ± 3 meter)
  2. Semi Smash (Smash dengan bola - bola tanggung)
  3. Quick Smash (Smash cepat)
  4. Straight Smash (Smash potong)

4. Tehnik Dasar Block

Block adalah gerakan membendung atau menahan smash lawan di atas net. Cara melakukan block dalam bola voli adalah sebagai berikut.

Cara melakukan block :

  1. Berdiri di dekat net dengan posisi awal kaki lurus di buka selebar bahu sedangkan posisi kedua tangan di buka di depan dada.
  2. Langkahkan kaki ke kiri atau ke kanan (bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike/ smash) sambil bersiap melakukan block.
  3. Ketika bola lepas dari pengumpan dan smasher melakukan lompatan untuk memukul bola segera lakukan lompatan dengan menggunakan kedua ujung telapak kaki bagian depan sambil menjulurkan kedua tangan lurus kedepan atas untuk melakukan bendungan / block
  4. Step akhir lakukan pendaratan dengan kedua kaki secara bersamaan. Adapun bagian kaki yang mendarat terlebih dahulu di lantai adalah ujung telapak kaki bagian depan.

Untuk melakukan bendungan atau block dapat di lakukan secara perseorangan, berpasangan ataupun di lakukan secara berkelompok.

Inilah 4 tehnik dasar bola voli yang harus di ketahui siswa ataupun masyarakat umum, semoga pembahasan ini bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar