--> Skip to main content

Macam - Macam Smash Bola Voli

Menurut Sarumpaet (1992:99), mengemukakan bahwa : "Smash adalah pukulan serangan
yang  keras  dan  mematikan".  Oleh  sebab itu yang perlu diperhatikan pada melakukan  smash  adalah  kecepatan  dan ketepatan  mengarahkan  bola.  Selain  itu smash juga merupakan pukulan utama pada  penyerang  dengan  usaha  mencapai kemenangan.

Untuk mencapai keberhasilan melakukan smash, diperlukan beberapa komponen fisik sebagai factor pendukung diantaranya daya ledak tungkai, daya ledak lengan dan kelentukan pergelangan tangan. 


Menurut M.Yunus (1992:108) mengemukakan bahwa Smash merupakan  suatu  teknik  yang  mempunyai gerakan yang kompleks yang terdiri dari atas:

  1. Langkah awal (run up)
  2. Tolakan untuk meloncat (take off)
  3. Memukul bola saat melayang di udara (hitt)
  4. Mendarat setelah memukul bola (landing)

A. Analisis Gerakan Smash Bola Voli

Proses  gerakan  pada  smash  pada permainan bola voli dapat dibagi atas 4 tahap. Menurut Sarumpaet (1992:99), mengemukakan  bahwa : "Smash terdiri dari awalan, tolakan, pukulan dan mendarat". Untuk lebih jelasnya pelaksanaan pukulan smash pada permainan bola voli dapat diuraikan sebagai berikut :

a) Awalan (Run Up)

Tahap gerakannya adalah sebagai berikut :

  1. Sikap awal berdiri dengan rileks dan kedua kaki sejajar.
  2. Kemudian melangkah ke depan mendekati jaring atau net.
  3. Setelah dekat dengan net, siap untuk mengadakan tolakan ke atas dengan dua kaki, lutut ditekuk dan tungkai diayunkan ke belakang.

Gerakan  awalan  tersebut  di  atas merupakan  awalan  yang  pada  umumnya dapat  dilakukan. Arah gerak awalan yang paling baik antara 45° sampai 60° dari net.

b) Tolakan (Take Off)

Tahap gerakannya yaitu :

  1. Pada waktu siap menolak, kedua tangan lurus lentuk mengarah ke bawah sejajar dengan badan untuk diayunkan ke atas bersamaan dengan tolakan.
  2. Setelah tolakan dilakukan, dan saat badan melayang di atas, kedua kaki harus lemas tergantung dan tangan kanan atau kiri siap memukul bola.
  3. Pada saat akan memukul bola, tungkai diangkat  sehingga  tungkai  atas  tegak lurus dengan badan, sedangkan tungkai  bawah  menuju  ke  atas  sampai telapak tangan kurang lebih setinggi telinga kanan.

c) Pukulan (Hitt)

Tahap gerakannya antara lain :

  1. Pada saat smasher sampai pada titik tertinggi, pukulan segera dilakukan.
  2. Perkenaan telapak tangan dengan bola diikuti gerakan 'lecutan pergelangan tangan dan ditambah dengan lecutan badan.
  3. Pada saat telapak tangan ada kontak dengan bola, usahakan tungkai dalam posisi sepanjang mungkin.
     

d) Mendarat (Landing)

Tahap gerakannya sebagai berikut :

  1. Setelah selesai memukul bola, maka  smasher  akan  segera  turun kembali ke tanah atau lantai.
  2. Pada saat mendarat, harus mendarat dengan kedua kaki secara mengeper dan lentur dengan menekuk kedua lutut.
  3. Setelah menguasai koordinasi mata tangan dengan baik, segera smasher mengambil sikap normal atau wajar

B. Macam - Macam Smash / Spike Bola Voli

Terdapat 4 jenis smash pada bola voli yang dibedakan menurut variasi pukulan, tinggi, serta kecepatan laju bola. Berikut penjelasannya :

1. Open smash

Open smash adalah tehnik memukul bola dari titik tertinggi. Jenis teknik open smash dikenali dari posisi setiap pemain yang seperti menggantung di udara ketika melompat, kemudian melakukan gerakan lecutan sembari memukul bola di titik tertinggi. 

Menurut buku "Strategi dan Taktik Permainan Bola Voli" (Roesdiyanto dan Agus Tomy : 1992), tinggi bola saat dilambungkan dalam teknik open smash bisa mencapai 3 meter dan berjarak 30 cm dari net.

2. Semi smash 

Semi smash di kenal juga dengan smash bola - bola tangung. Upaya pukulan semi smash dalam permainan bola voli memiliki perbedaan dibandingkan teknik smash lainnya dalam hal perkenaan dan ketinggian bola. 

Teknik ini dapat dikenali dengan cara perkenaan pemain ketika memukul bola saat berada di titik tertinggi loncatan serta mengibaskan pergelangan tangan untuk mengarahkan bola ke wilayah permainan lawan

3. Quick smash

Quick smash di kenal dengan smash cepat. Ragam teknik quick smash digunakan untuk menyelesaikan rangkaian upaya serangan cepat dalam permainan bola voli. 

Ciri utama dari teknik quick smash adalah loncatan secara vertikal setinggi mungkin oleh seorang pemain sebelum memukul bola secepat mungkin.

4. Straight smash

Pukulan jenis straight smash mempunyai nama lain gerakan memotong, karena dilakukan seorang pemain saat bola berada di ketinggian optimal dan bergulir sedekat mungkin dengan batas atau tepi jaring.

Adapun, gerakan straight smash diawali dengan mendekati sisi tiang jaring, sebelum melakukan lompatan segera setelah bola mendekati posisi ideal.

Demikian pembahasan mengenai jenis smash bola voli, semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar