Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerak Spesifik Passing Atas Bola Voli

Tehnik Dasar Passing Atas Bola Voli. Secara sederhana yang di maksud dengan Gerak Spesifik Passing Atas dalam bola voli adalah tehnik memberikan umpan bola kepada rekan satu tim dimana tehnik pengambilan bola di lakukan dari atas kepala dengan dua tangan.

Dalam permainan bola voli tehnik yang paling sering digunakan oleh para pemain adalah tehnik dasar passing, oleh karena itu setiap pemain bola voli wajib mengusai tehnik dasar passing baik itu passing atas maupun passing bawah.

Dalam pembahasan kali ini, kami fokuskan pada tehnik dasar atau gerak spesifik passing atas, untuk itu silahkan simak pembahasan yang kami uraikan.

Lalu sebetulnya bagaimana sih cara melakukan tehnik dasar passing atas bola voli, simak uraiannya berikut ini!

Cara atau Rangkaian Gerakan dalam Melakukan Tehnik Dasar Passing atas Bola Voli:

  1. Berdiri dengan sikap tubuh siap dengan meregangkan kedua kaki sampai selebar bahu, Tekuk sedikit kedua lutut sehingga badan merendah dan dibungkukkan ke depan, berat badan bertumpu di ujung kaki bagian depan.
  2. Ketika bola datang, secepatnya tempatkan badan di bawah bola. Tangan diangkat dan lengan sedikit ditekuk, serta buka lebar jari-jari tangan dengan renggang sehingga membentuk seperti mangkuk.
  3. Ketika bola sudah sampai ke atas badan, dengan menekuk bagian siku atau pergelangan tangan, dan posisi tangan sedikit berada di atas dahi, lakukan perkenaan bola dengan baik, yaitu tepat di jari-jari tangan.
  4. Ketika bola menyentuh jari-jari, tegangkan jari supaya bola bisa memantul dengan baik, lalu dorong dengan menggerakkan pergelangan tangan untuk selanjutnya diikuti dengan meluruskan siku.
  5. Dalam mendorong bola, jari yang paling dominan untuk digunakan adalah ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah. Akhiri gerakan mendorong dengan sedikit mengangkat tumit dari tanah / lantai, menaikkan pinggul dan lutut, meluruskan kedua lengan, dan pandangan mengikuti ke arah gerakan bola.

Kesalahan Yang Umum Terjadi Saat Melakukan Passing Atas :

  1. Jari - Jari tangan terlalu rapat tidak di renggangkan
  2. Saat menerima bola lengan tangan masih dalam keadaan lurus, tidak di tekuk
  3. Perkenaan bola dan jari tangan tidak pas atau berbarengan sehingga bola melenceng atau lepas

Untuk dapat menguasai tehnik ini diperlukan latihan yang intensif dan terus menerus dan jangan lupa melatih kekuatan jari - jari tangan anda supaya lentur dan kuat.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua, jangan lupa like dan share agar kami semakin rajin untuk berkarya.

Artikel ini kami kutif dari : https://ulfa979.wordpress.com/2017/08/31/langkah-langkah-passing-atas/