--> Skip to main content

Mengenal Posisi Libero Bola Voli dan Tugasnya Dalam Permainan

Libero dalam permainan bola voli merupakan seorang pemain bola voli yang memiliki tugas utama atau tugas khusus untuk bertahan, baik itu saat menerima servis ataupun saat menerima smash lawan. Seorang libero harus memiliki receive bola yang bagus, hal ini penting untuk memudahkan tosser atau teman satu tim dalam menerima bola sehingga akan lebih mudah dalam melakukan serangan balik.

Seorang libero posisinya terbatas di daerah pertahanan, dan tidak di perkenankan untuk melakukan serangan dari manapun baik itu dari area lapangan permainan maupun dari area bebas jika saat kontak dengan bola ketinggian bola lebih tinggi dari net. Selain itu pemain libero tidak di perkenankan untuk melakukan service, smah ataupun block.

A. Ketentuan atau Aturan Khusus Untuk Libero

Berikut ini aturan atau ketentuan khusus untuk libero bola voli:

  • Libero dapat menggantikan semua pemain yang berada di posisi belakang. 
  • Pemain libero hanya dapat bermain sebagai pemain belakang dan tidak diperbolehkan untuk melakukan serangan berupa pukulan smash atau semacamnya apabila saat perkenaan bola, posisi bola berada lebih tinggi dari ketinggian net. 
  • Pemain libero juga tidak diperkenankan melakukan blocking (usaha membendung serangan lawan) ataupun melakukan servis.  
  • Pemain depan tidak diperbolehkan melakukan pukulan yang mana ketika perkenaannya bola berada lebih tinggi dari ketinggian net. Aturan seperti ini berlaku apabila bola tersebut berasal dari operan/ umpan yang dilakukan libero menggunakan passing atas. Namun apabila umpan yang dilakukan libero tersebut menggunakan passing bawah, maka bola tersebut bebas untuk dipukul oleh pemain depan.

B. Aturan Pergantian Pemain Libero

Dalam melakukan pergantian pemain ada aturan - aturan khusus yang di peruntukan untuk seorang libero, berikut adalah aturan - aturan khusus untuk melakukan pergantian seorang libero:

  • Pergantian pemain untuk seorang libero tidak terbatas, artinya libero bebas keluar masuk lapangan untuk menggantikan pemain lainnya yang berada di baris belakang, namun tiap pergantian ini harus diselingi satu reli.
  • Libero hanya diperbolehkan keluar masuk lapangan permainan melalui garis samping yang ada di depan bangku cadangan, atau garis diantara garis serang dan garis belakang.
  • Pergantian pemain libero hanya dapat dilakukan ketika bola mati sebelum wasit 1 meniup peluit untuk melakukan servis, atau pada saat awal dimana wasit 2 sedang melakukan pengecekan posisi pemain.

C. Skills Yang Harus di Miliki Seorang Pemain Libero

Berikut  adalah kemampuan dasar yang harus di miliki seorang libero bola voli:

  • Memiliki kemampuan teknik dasar bertahan yang sangat kuat
  • Memiliki teknik passing yang sangat baik, baik itu passing atas ataupun passing bawah untuk dapat melakukan receive yang baik
  • Memiliki kelincahan dan kekuatan agar dapat menahan berbagai serangan dari lawan, baik itu pukulan service maupun dari smash.

Itulah pembahasan mengenai Posisi Libero Bola Voli dan Tugasnya Dalam Permainan, semoga pembahasan libero bola voli ini dapat bermanfaat untuk anda semua yang membaca.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar