Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Umum Saat Melakukan Servis Bawah Bola Voli

Kesalahan Umum Saat Servis Bawah Bola Voli. Permainan bola voli merupakan permainan yang membutuhkan kemampuan penguasaan tehnik dasar bola voli yang baik dari para pemainnya. Hal ini berlaku pula saat pemain melakukan servis bawah bola voli.

Untuk para pemula biasanya saat melakukan Servis bola voli sering sekali melakukan kesalahan. Telah kami jelaskan sebelumnya bahwasanya dalam bola voli servis adalah modal awal untuk meraih poin, jika anda gagal melakukan servis maka tim lawan akan mendapat poin secara cuma - cuma.

Lalu kesalahan apa saja sih yang sering di lakukan para pemula saat melakukan servis bawah bola voli, berikut ini penjelasannya.

Kesalahan - kesalahan yang sering di lakukan saat melakukan service bawah bola voli :
  1. Kaki menginjak / melewati garis.
    Kebanyakan para pemula pada saat melakukan servis tidak memperhatikan garis sehingga tanpa sadar kakinya menginjak atau memasuki area lapangan permainan.
  2. Posisi awal saat persiapan service, badan tidak di condongkan.
    Seperti yang sudah di jelaskan sebelumya dalam Tahapan melakukan servis bawah bola voli, bahwasanya posisi badan yang benar adalah sedikit condong kedepan, nah kebanyakan pemula posisi badannya tegak dan kaku sehingga mempersulit gerakan saat melakukan servis.
  3. Tangan yang di belakang badan tidak lurus tapi bengkok.
    Sehingga saat melakukan ayunan kedepan untuk memukul bola siku tangan tetap bengkok pula
  4. Saat melakukan lambungan bola, bola yang di lambungkan memutar.
    Hal ini tentu menyebabkan bola sulit untuk di pukul yang akibatnya perkenaan bola dengan tangan jadi tidak pas
  5. Pada sikap gerakan akhir kaki belakang tidak di langkahkan kedepan tapi diam di tempat.
    Hal ini menyebabkan gerakan cenderung kaku serta tidak ada tambahan dorongan terhadap bola

Itulah kesalahan - kesalahan yang sering di lakukan saat melakukan service bawah bola voli yang terjadi di sekolah tempat admin mengajar. yang mungkin tidak akan jauh berbeda dengan yang terjadi di tempat anda.

Oleh sebab itu untuk anda para pemula, ataupun anda yang memberikan bimbingan kepada para pemula dalam melakukan servis bawah bola voli tidak ada salahnya untuk memperhatikan hal - hal kecil yang kami ulas disini.